Senin, 03 Desember 2012

Cara Mudah Mencari Driver



Anda mungkin pernah menjumpai tanda tanya warna kuning pada device manager di komputer atau laptop. Munculnya tanda tanya warna kuning  di karenakan ada hardware yang belum di kenali oleh komputer. Solusinya adalah   kita harus menginstall driver untuk hardware tersebut. Jika anda masih menyimpan CD drivernya, hal ini tidak menjadi masalah. Tapi jika anda membeli komputer second dan kebetulan tidak menyertakan CD Driver, mencari driver di internet adalah salah satu solusinya.

Persoalannya adalah mencari driver di internet susah-susah gampang. Pengalaman saya pribadi, untuk hal ini terkadang banyak memakan waktu dan tidak efisien, bayangkan untuk browsing mencari satu driver saja sering harus terdampar di berbagai web antah berantah. Ujung-ujungnya disuruh melototin iklan yang dipasang di web mereka.
Saat ini memang ada beberapa software yang bisa kita gunakan untuk membantu mendeteksi driver pada komputer kita, seperti Genius Driver, akan tetapi Genius Driver akan maksimal bekerja jika komputer terhubung langsung dengan internet. Sekedar share, sebenarnya ada cara mudah untuk mendapatkan driver komputer apapun di internet.

Caranya sebagai berikut :


  1. Masuk ke Device Manager, caranya Klik Kanan My Computer >> Properties >> Pilih tab Hardware >> Device Manager
  2. Klik Kanan pada tanda tanya warna kuning >> Properties >> pilih tab Detail
  3. Copy id yang tertera dengan menekan tombol CTRL + C
  4. Buka situs devid.info
  5. Paste id tadi ke dalam textbox >> Klik Search
  6. Akan muncul daftar driver, silahkan download dengan mengklik link nama driver.

     
     


Selesai! Semoga Bermanfaat!!

0 komentar:

Posting Komentar